Home » Aneka Resep Masakan » RESEP AYAM BAKAR

RESEP AYAM BAKAR

Thursday, March 28th 2013. | Aneka Resep Masakan, Uncategorized

Sajian ayam bakar sebagai lauk saat makan memang terkesan sangat istimewa. Aroma yang keluar saat ayam dibakar saja sudah menerbitkan selera makan, apalagi kalau sudah tersaji di piring makan. Jadi tambah lapar nih. Well, kali ini ada nih kumpulan resep ayam bakar yang patut dipraktekkan. Resep ayam bakar kali ini ada resep ayam panggang oven, resep ayam bakar madu dan resep ayam bakar pedas manis. Supaya gak penasaran langsung aja deh dibaca satu-satu resepnya supaya kamu bisa langsung menentukan mau mencoba resep yang mana.

Kalo biasanya ayam bakar itu dibakar di atas arang atau api, pada resep ayam panggang oven kali ini tidak demikian. Sebenarnya resep ini sebagai solusi bagi mereka yang ingin memasak ayam bakar tapi tidak memiliki panggangan jadi berdayakan saja oven yang ada. Hasil masakannya tetap lezat dan nikmat. Bagi penyuka pedas, monggo lirik resep ayam bakar pedas manis. Campuran rasa pedas dan manis bikin melek dan sensasi pedesnya yang memang banyak dicari. Bila mencari yang manis lagi, masih ada nih resep ayam bakar madu. Yang makan jadi semanis madu deh…

Semoga kumpulan resep ayam bakar ini bermanfaat. Jangan lupa sering kunjungi blog ini untuk info yang terbaru dan menarik lainnya. selain resep dibawah blog ini juga terdapat resep lain yang sangat patut untuk dicoba seperti resep kue kering yang enak banget, resep ayam yang sedap sekali, resep cake yang nikmat banget.

Resep Ayam Panggang Oven

AYAM BAKAR oven

 

Bahan :
·    1 ekor ayam (potong-potong sesuai selera)
·    4 sdt air jeruk nipis
·    1 sereh
·    1 lbr daun salam
Bumbu Halus :
·    8 siung bawang merah
·    4 bawang putih
·    3 sdm gula merah
·    1 sdt air asam jawa
·    merica secukupnya
·    garam secukupnya

Bumbu Olesan :
·    3 cabe merah
·    2 bawang putih
·    2 sdt gula merah
·    garam secukupnya
·    3 sdm kecap manis
·    air secukupnya
·    minyak untuk tumisan
Cara Membuat :
1.    Rendam ayam dengan jeruk nipis selama 30 menit kemudian cuci dan tiriskan.
2.    Ungkep ayam dengan bumbu halus, sereh, daun salam sampai airnya menyusut, angkat.
3.    Untuk bumbu olesan, cabe merah dan bawang putih diblender sampai halus kemudian ditumis, tambahkan garam, kecap manis dan air. Masak sampai matang dan sisihkan.
4.    Panaskan oven,kemudian oleskan bumbu oles ke ayam dan masukkan ke dalam oven. Oleskan berulang-ulang sampai ayam matang dan warnanya kecoklatan, angkat.
5.    Sajikan dengan nasi panas dan sambal terasi.

 

Resep Ayam Bakar Madu

Ayam Bakar Madu

Bahan:
·    500 gram sayap ayam
·    2 siung bawang putih, parut
·    1 sendok teh garam

Perendam ayam bakar madu:
·    50 gram bawang bombay cincang halus
·    3 siung bawang putih, cincang halus
·    3 sendok makan saus tomat
·    50 ml air jeruk lemon
·    2 sendok makan madu
·    1/2 sendok teh merica bubuk
·    1 sendok teh garam
Cara memasak :
·    Cuci ayam sampai bersih.
·    Remas-remas sayap ayam dengan bawang putih dan garam hingga rata.
·    Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga seluruh airnya keluar dan sayap agak kering. Angkat dan tiriskan.
·    Aduk sayap ayam dengan bumbu Perendam hingga rata. Diamkan selama 1 jam.
·    Taruh sayap ayam dalam pinggan tahan panas. Panggang dalam oven panas 180 C selama 45 menit hingga sayap ayam empuk.
·    Angkat. Resep ayam bakar madu pun siap disajikan hangat dengan kentang goreng, selada, dan ketimun untuk lalapan.

RESEP AYAM BAKAR PEDAS MANIS

AYAM BAKAR PEDAS MANIS
Bahan :
·    1 ekor  ayam kecil dipotong menjadi 4 bagian.
·    3 mata asam jawa, seduh dengan sedikit air panas.
·    2 lembar daun salam
·    300 ml air
·    3 sendok makan kecap manis
Bumbu halus:
·    4 butir bawang merah
·    3 iung bawang putih
·    1 cm kunyit
·    2 cm jahe
·    1/2 sendok teh ketumbar
·    1 1/2 sendok teh, garam
·    2 cm lengkuas
·    8 buah cabai merah keriting
·    1 sendok teh, gula pasir
Cara Membuat Ayam bakar pedas manis :
1.    Lumuri ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan lalu biarkan selama 30 menit.
2.    Campur ayam berbumbu dengan air, daun salam, kecap manis dan air asam. Lalu masak hingga daging empuk dan kuah mengental, angkat.
3.    Bakar ayam di atas api atau arang hingga permukaannya kering.
4.    Angkat bersama sambal dan lalapan.
Tips : Untuk sambal bisa menggunakan sambal tomat atau sejenisnya.