Home » Aneka Resep Masakan » resep bolu kukus

resep bolu kukus

Thursday, March 28th 2013. | Aneka Resep Masakan, Uncategorized

Bolkus alias bolu kukus emang dah terkenal ya bagi penikmat bolu. Bolu kukus dengang mudah bisa kita jumpai di pasar ataupun toko-toko kue. Harganya juga terjangkau. Siapa saja suka dengan bolu kukus mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Untuk berhasil membuat bolu kukus memang perlu latihan berulang-ulang karena membuatnya memang susah-susah gampang. Kalo untuk variasi resep bolu kukus, berikut ini ada kumpulan resep bolu kukus, jadi pembaca bisa mempraktekkannya di rumah. Resep bolu kukus yang ada terdiri dari resep bolu kukus gula merah, resep bolu kukus mekar, dan resep bolu kukus pelangi.

Bolu kukus gula merah sangat mengedepankan cita rasa Indonesia dengan rasa manis dari gula merah. Bolu kukus mekar yang bertekstur lembut serta bentuk kue yang seperti “pecah” pada bagian atasnya sangat menarik sedangkan bolu kukus pelangi lebih bermain pada warna yang cerah tapi tetap lembut. Resep bolu kukus ini sangat direkomendasikan sebagai bagian dari koleksi resep Anda. Bisa juga Anda berbagi resep ini kepada teman yang memerlukannya.

Semoga kumpulan resep bolu kukus ini bermanfaat bagi Anda. Masih mencari informasi menarik lain? Jangan khawatir karena di sini banyak konten yang menarik yang Anda cari jadi selalu luangkan waktu untuk mampir ke blog ini. selain resep dibawah blog ini juga terdapat resep lain yang sangat patut untuk dicoba seperti resep kue kering yang enak banget, resep ayam yang sedap sekali, resep cake yang nikmat banget.

RESEP BOLU KUKUS GULA MERAH

BOLU KUKUS GULA MERAH

Bahan:
·    200 gr gula merah
·    200 ml air
·    1 butir telur ayam
·    2 sdm gula pasir
·    1/4 sdt garam
·    1/2 sdt soda kue
·    1/2 sdt baking powder
·    250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake merk Segitiga Biru)
·    125 ml minyak goreng

Cara membuat:
1.    Rebus gula merah dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan dinginkan. Saring dan ukur sebanyak 275 ml.
2.    Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan.
3.    Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
4.    Masukkan larutan gula merah, kocok rata.
5.    Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
6.    Tuangkan minyak goreng, kocok sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
7.    Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat.

 

RESEP BOLU KUKUS MEKAR

BOLU KUKUS MEKAR
Bahan :
250 gr gula pasir
2 butir telur + 1 kuning telur
15 gr emulsifier
200 ml minuman bersoda
250 gr tepung terigu segitiga + 1 sachet vanili bubuk + 1 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Kocok gula dan telur 10 menit
2. Tambahkan emulsifier, kocok lagi 10 menit
3. Panaskan dandang dengan api besar
4. Tuang minuman bersoda sekaligus, aduk rata
5. Masukkan tepung + vanili + baking powder, aduk rata
6. Tuang ke loyang
7. Kukus 15 menit

RESEP BOLU KUKUS PELANGI

BOLU KUKUS PELANGI
Bahan :
·    6 butir Telur Ayam Kampung
·    200 gram Gula Pasir
·    200 gram Tepung Terigu.
·    Setengah sendok teh Garam halus
·    1 sendok makan Emulsifier yang berfungsai sebagai pelembut adonan. Beberapa merek yang beredar di pasaran antara lain Spontan 88, Ovalet, SP, TBM, dan lain-lain. Emulsifier ini juga bisa anda ganti dengan bahan Baking Ingredient.
·     80 ml Santan Kental Murni
·     50 ml Minyak Sayur
·    Pewarna makanan merah, kuning, hijau atau sesuai selera anda
Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi :
·    Mixer telur, emulsifier, garam dan gula sampai benar2 menyatu dan adonan berubah warna pucat dan kental
·    Masukkan tepung terigu, aduk perlahan lahan sampai merata
·    Masukkkan santan serta minyak sayur, aduk sampai merata menggunakan spatula atau sutil.
·    Bagilah adonan kue menjadi 3 bagian. Campurkan masing masing bagian tersebut dengan pewarna makanan dan pastikan sampai masing masing bagian memiliki warna yang merata.
·    Siapkan loyang yang sebelumnya harus diolesi mentega dan alaskan dengan kertas roti. Tuang adonan merah dan kukus kurang lebih sampai 10 menit agar kue bolu nya mengembang dengan sempurna.
·    Persiapkan handuk kecil atau kain lap bersih untuk memberi alas pada tutup kukusan agar air yang berasal dari uap tidak jatuh ke dalam adonan kue yang sedang di kukus.
·    Setelah 10 menit kemudian masukkan lapisan yg warna berikutnya, lalu kukus lagi selama 10 menit. dan sampai bagian / warna yang terakhir. Untuk warna pelapis yang terakhir ini sebaiknya dikukus sampai 30 menit hingga benar-benar matang.