Home » Aneka Resep Masakan » resep ikan bakar

resep ikan bakar

Friday, March 29th 2013. | Aneka Resep Masakan, Uncategorized

Makanan yang dibakar-bakar emang enak banget ya. Rasa masakan dan cara pengolahan yang beda sudah pasti membangkitkan selera makan. Pada kesempatan ini ada kumpulan resep ikan bakar khusus buat para pembaca setia blog ini. Para penyuka ikan bakar pasti dah gak sabar mau nyoba. Yang lagi suka masak juga boleh mempraktekkan resep ikan bakar ini. Kali ini resepnya ada resep ikan bakar bumbu kuning, resep ikan gurame bakar dan resep ikang bakar pedas manis. Resep ikan bakar ini juga boleh kok dibagi kepada teman atau kawan yang sedang mencari-cari resep ikan bakar.

Yang fanatik sama bumbu kuning pasti pengen nih nyobain resep ikan bakar bumbu kuning. Warna kuning dari bumbu kunyit selain memiliki aroma yang khas juga memberi efek warna yang menarik pada makanan. Kalo kamu doyan banget sama ikan gurame, nih ada resep ikan gurame bakar. Hmmm…dah ngebayangin aja lezatnya daging ikan gurame saat masuk ke mulut. Lalu bagi pencari pedas, ada resep ikan bakar pedas manis. Bener nih, perpaduan antara rasa pedas dan manisnya bikin perut keroncongan.

Ayo tunggu apa lagi, cepetan belanja keperluan masaknya dan langsung praktek di dapur. Tapi jangan lupa nanti mampir lagi di blog ini karena masih banyak yang seru dan menarik hanya di sini. selain resep dibawah blog ini juga terdapat resep lain yang sangat patut untuk dicoba seperti resep kue kering yang enak banget, resep ayam yang sedap sekali, resep cake yang nikmat banget.

RESEP IKAN BAKAR BUMBU KUNING

ikan-bakar-bumbu-kuning
Bahan :
·    3 ekor ikan baronang, dikerat-kerat
·    2 sendok teh air jeruk lemon
·    1 sendok teh garam
·    3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
·    5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
·    1 1/4 sendok teh garam
·    2 sendok teh gula merah, sisir
·    250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
·    1 1/2 sendok makan air asam jawa (dari 2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
·    50 ml minyak untuk menumis
Bumbu Kuning :
·    10 butir bawang merah
·    3 siung bawang putih
·    6 buah cabai merah keriting
·    1 cm jahe
·    3 cm kunyit, dibakar
·    3 butir kemiri, disangrai
Resep Bahan Pelengkap Ikan Bakar Bumbu Kuning :
·    5 buah cabai rawit merah, diiris
·    3 sendok makan bawang merah goreng
·    6 tangkai daun kemangi
Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning :
1.    Lumuri ikan baronang dengan air jeruk lemon dan garam. Sisihkan.
2.    Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk smapai harum. Masukkan garam dan gula merah. Aduk rata. Tuang santan. Masak sampai mengental. Angkat.
3.    Lumuri ikan baronang dengan bumbu tumis dan air asam jawa. Diamkan 30 menit sampai meresap.
4.    Bakar ikan baronang sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai matang.
5.    Sajikan dengan pelengkap.

 

RESEP IKAN GURAME BAKAR

IKAN GURAME BAKAR
Bahan
·    2 ekor (800 gram) Ikan Gurame, dikerat-kerat
·    2 sendok teh air Jeruk Nipis
·    1 sendok teh Garam
·    1 sendok makan Air Asam Jawa
·    5 sendok makan Kecap Manis Bango
·    3 sendok makan Minyak untuk menumis
Bumbu halus
·    3 buah Cabe Merah besar
·    4 buah Cabe Merah keriting
·    2 buah Cabe Rawit merah
·    6 butir Bawang Merah
·    3 siung Bawang Putih
·    2 sendok teh Ketumbar
·    2 cm Jahe
·    1 sendok teh Garam
Bahan Sambal Kecap
·    5 sendok makan Kecap Manis Bango
·    1 buah Tomat, dibuang bijinya, dipotong-potong
·    5 buah Cabe Rawit merah, diiris
·    5 buah Cabe Rawit hijau, diiris
·    2 butir Bawang Merah, diiris
·    1/2 sendok teh air Jeruk Nipis
Cara memasak
·    Rendam ikan gurame dalam air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit.
·    Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
·    Masukkan asam jawa, aduk rata. Angkat, tambahkan Kecap Manis Bango, aduk rata lagi.
·    Oles ikan dengan bumbu.
·    Bakar ikan sambil dioles sisa bumbu sampai matang.
·    Sajikan dengan sambal kecapnya. Untuk 4 porsi

 

RESEP IKAN BAKAR PEDAS MANIS

IKAN BAKAR PEDAS MANIS
Bahan:
1 ekor ( 500 g ) ikan kuwe segar, bersihkan
1 sdm air jeruk nipis
Bumbu Olesan:
2 sdm minyak sayur
2 sdm kecap manis
2 sdm air jeruk limau
Haluskan:
5 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
½ sdt gula pasir
1 sdt garam
Cara membuat:
·    Belah membujur badan ikan hingga terbuka salah satu sisi badannya.
·    Bumbu Olesan: Aduk minyak, kecap, jeruk dan bumbu halus hingga rata.
·    Lumuri badan ikan dengan Bumbu Olesan hingga rata.
·    Bakar di atas bara api arang sambil balik dan olesi sisa bumbu hingga rata.
·    Bakar hingga kering dan matang.
·    Angkat, sajikan panas.