Home » Aneka Resep Masakan » resep kue lebaran

resep kue lebaran

Friday, March 29th 2013. | Aneka Resep Masakan, Uncategorized

Menjelang lebaran semua orang sibuk dengan persiapannya. Ada yang sibuk untuk persiapan pulang kampung dan banyak juga repot dengan urusan rumah, salah satunya adalah urusan membuat kue lebaran. Memang sih kalo mencari praktisnya lebih cepet beli jadi aja di toko. Tapi kalo beli sepertinya ada momen yang hilang. Membuat kue lebaran bersama-sama keluarga jadi saat yang dirindukan pastinya. Jadi kenapa harus beli kalo bisa bikin sendiri? Nah kali ini hadir kumpulan resep kue lebaran yang bisa dipraktekkan bersama anggota keluarga yang lain. Resep kue lebaran terdiri dari resep pastel melati, resep kue lidah kucing dan resep kue bawang renyah. Resep kue lebaran ini akan membuat lebaran kamu lebih semarak…

Bagi yang suka goreng-goreng, ayo buat pastel melati dan kue bawang renyah. Rasa abon sapi pada pastel melati harum tercium mengundang mulut untuk mencicipinya. Taburan wijen pada kue bawang renyah juga membuat gak sabar ingin memakannya. Kalo kamu suka kue yang dioven, coba buat kue lidah kucing. Rasanya yang cenderung manis bikin suasana hati jadi menyenangkan deh.

Gak sabar untuk mencoba? Ayo sana segera lengkapi bahan-bahan kue yang ingin dibuat dan ajak kaka, adik dan orang rumah lainnya untuk ikut nimbrung di dapur. Jangan lupa ikuti konten menarik lainnya di blog ini. selain resep dibawah blog ini juga terdapat resep lain yang sangat patut untuk dicoba seperti resep kue kering yang enak banget, resep ayam yang sedap sekali, resep cake yang nikmat banget.

RESEP PASTEL MELATI

PASTEL MELATI
Bahan
100 gram daging sapi abon yang di haluskan
125 gram tepung sagu
375 gram tepung terigu dicampur kemudian diayak
1/2 sendok teh garam
125 gram margarin
100 ml air
minyak goreng
Cara membuat
pertama masukan campuran tepung kedalam tempat adonan kemudian masukkan margarin dan garam campur merata.
Kedua tuang air untuk menguleni adonan sedikit demi sedkit, adonan jangan sampai kalis.
Ketiga pipihkan adonan dengan ketebalan sekitar 2 cm dan buat bulatan dengan diameter 3 cm.
Pekrejaan selanjutnya adalah berkreasi, masukan setengah sendok teh abon kemudian tangkupkan kulitnya dan kreasikan menjadi mirip bunga
dan terakhir adalah menggoreng pastel sampai kecoklatan.

RESEP KUE LIDAH KUCING

KUE LIDAH KUCING
Bahan
250 gram margarin
150 gram gula halus
1/2 sendok teh vanili bubuk
250 gram tepung terigu
5 putih telur kocok hingga kaku
makanan ini cukup untuk 21 buah.
Cara membuatnya
Panaskah oven dengan temperatur 160 derajat celcius dan loyang pipih atau loyang khusus lidah kucing, olesi dengan margarin, sisihkan
Kocok margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan vanili bubuk dan tepung terigu, aduk rata.
Campur adonan dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata.
MAsukkan adonan ke dalam plastik segi tiga, potong ujungnya sedikit dan semprotkan kue ke loyang, panggang selama 15 menit hingga kecokelatan dan matang, angkat.
Dinginkan dan simpan dalam stoples kedap udara.

RESEP KUE BAWANG RENYAH

KUE BAWANG RENYAH
Bahan:
- 1000 gr tepung kanji/sagu
- 250 gr tepung terigu
- 6 batang seledri, iris halus
- 50 gr bawang merah, giling halus
- 100 gr bawang putih, giling halus
- 2 bungkus masako ayam
- 3 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan garam halus
- 1 sendok teh penyedap rasa (ajinomoto)
- 700 ml air
- 3 sendok makan margarin/mentega

Cara Membuat:
larutkan terigu dengan air, tambahkan seledri, bawang putih, bawang merah, masako, telur kocok, garam, penyedap rasa, dan margarin, masak pada api sedang hingga adonan mengental.
pindahkan adonan terigu ke wajan, tambahkan sagu, adon hingga adonan kalis.
ambil sedikit adonan, bulatkan dengan diameter ± 7 cm.
giling adonan dengan menggunakan cetakan kue bawang (ampia)dengan ketebalan sesuai selera.
potong adonan dengan panjang 5 cm.
giling pada cetakan mie (kwetiau)
goreng pada minyak panas hingga warna kuning kecoklatan, tiriskan, angkat.
simpan pada wadah kering dan tertutup rapat (stoples)
tips: agar kue bawang bertambah lezatnya, pada adonan dapat ditambahkan 50 gram wijen yang telah disangrai.