Home » Aneka Resep Masakan » resep soto ayam

resep soto ayam

Friday, March 29th 2013. | Aneka Resep Masakan, Uncategorized

Inget soto ayam jadi ngiler. Makanan berkuah yang paling enak dimakan saat hangat ini memang ngangenin ya. Campuran berbagai macam isi dengan ayam sebagai bahan utamanya membuat satu porsi gak pernah cukup. Kalo mo nambah bayar lagi dong…eits, kenapa gak bikin aja sendiri soto ayamnya biar lebih puas menyantapnya. Ada nih, resep soto ayam yang mesti dicoba buat. Resep soto ayam juga ada variasinya antara lain resep soto ayam Kudus, resep soto ayam Ambengan dan resep soto ayam Lamongan.

 

Kamu gak harus jadi orang asli Kudus atau Lamongan untuk membuat makanan soto ini kok jadi siapapun kamu yang penting mau masak ya ayo dicoba. Tapi memang sih ya rata-rata daerah di Indonesia punya menu soto sendiri-sendiri. Masing-masing memiliki ciri khas yang membedakannya dari menu soto daerah lain. Itu tuh yang bikin kangen kalo pas kita lagi merantau ke luar daerah. Nah, resep soto ayam ini solusinya. Kamu bisa bikin sendiri tanpa harus pulang kampung untuk sekedar mencari soto ayam asli daerah kamu

Semoga kumpulan resep soto ayam ini bermanfaat. Kalo masih ada yang mo dicari, temukan jawabannya di blog ini karena semua infonya keren dan menarik untuk disimak. selain resep dibawah blog ini juga terdapat resep lain yang sangat patut untuk dicoba seperti resep kue kering yang enak banget, resep ayam yang sedap sekali, resep cake yang nikmat banget.

RESEP SOTO AYAM KUDUS

SOTO AYAM KUDUS
Bahan:
1/2 ekor ayam, rebus
2 sendok makan minyak
4 cm kunyit, bakar, memarkan
3 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
Garam, merica secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya
3 lembar daun jeruk purut
Bumbu halus:
6 buah bawang merah
6 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
5 butir kemiri
1/2 sendok teh jintan
Pelengkap:
4 butir telur ayam, rebus, kupas, belah 2
2 genggam tauge, seduh air panas
4 sendok makan daun bawang, seledri irisan
4 sendok makan bawang goreng
Sambal, jeruk nipis secukupnya
Cara membuat:
1.    Panaskan minyak. Tumis bumbu halus. Masukkan ayam. Beri 3 gelas air.
2.    Masukkan jahe, kunyit, serai, garam, merica, bumbu penyedap, daun jeruk purut.
3.    Masak sampai ayam empuk.
4.    Angkat ayam, potong kecil.
Cara menyajikan:
Isi ayam di mangkuk. Beri kuah, telur rebus, tauge, tabur daun bawang, seledri, bawang goreng, sambal (jika suka), perasan air jeruk nipis.

RESEP SOTO AYAM AMBENGAN – JAWA TIMUR

SOTO AYAM AMBENGAN
Bahan
·    1/2 ekor ayam kampung
·    1 1/2 sdm garam
·    2 liter air
·    Minyak untuk menggoreng
·    3 sdm minyak, untuk menumis
Haluskan
·    8 butir bawang merah
·    6 siung bawang putih, bakar
·    1 sdt merica
·    3 cm kunyit
·    5 lembar daun jeruk
·    2 batang serai, memarkan
·    3 cm lenkuas, memarkan
·    3 cm jahe, memarkan
·    1 sdt gula pasir
Pelengkap
·    150 gram kol, iris halus
·    50 gram soun kering, seduh dalam air panas
·    3 butir telur rebus, belah dua
·    1 batang daun bawang, iris halus
·    2 batang seledri, iris halus
·    2 sdm bawang goreng
·    2 sdm bawang putih goreng
·    2 buah jeruk nipis, belah
·    Kecap manis
·    Kerupuk udang
·    Sambal kemiri
Cara Membuat
1.    Didihkan air, rebus ayam bersama garam sampai empuk. Angkat dagingnya, tiriskan. Sisihkan kaldu untuk kuah soto. Goreng daging ayam sampai kuning kecoklatan. Angkat, suwir-suwir.
2.    Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan daun jeruk, serai, lengkuas, dan jahe. masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu. Masak kembali di atas api kecil sampai mendidih.
3.    Atur kol, soun, ayam suwir, dan telur rebus di dalam mangkuk. Taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, dan bawang putih goreng. Sajikan soto dengan jeruk nipis, kecap, kerupuk udang, dan sambal kemiri.

RESEP SOTO AYAM LAMONGAN

SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan:
1 ekor ayam kampung (sekitar 700-800 gr), potong jadi 4 bagian
1.5 liter air
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
3 tangkai seledri, simpulkan
50 ml minyak sayur untuk menumis
3 batang daun pre (leek), iris kasar
4 butir telur rebus kupas

Herbs:
6 lembar daun jeruk, sobek2 jangan putus
2 batang serai, geprak
4 cm lengkuas, geprak

Bumbu halus:
5 butir bawang merah, iris kasar & tumis setengah matang
5 siung bawang putih, iris kasar & tumis setengah matang
5 cm kunyit
3 cm jahe
1 sdt merica butiran
4 butir kemiri, goreng

Pelengkap:
75 gr soun, seduh air panas hingga lembut, tiriskan
Kripik kentang
Seledri, iris halus
Kecap manis
Irisan jeruk nipis
Sambal rebus (cabe rawit & sedikit kemiri, direbus & dihaluskan)
Koyah Bawang Putih *)
Kerupuk udang

Cara:
Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi.
Masukin herbs, terus tumis sampe pekat, angkat & sisihkan.
Didihkan air, masukin potongan ayam, telur rebus, sledri, garam, gula & tumisan bumbu. Kecilkan api, masak ayam dengan tutup dibuka dikiiitt… tetap dengan api simmer sampe bumbu meresap dan ayam empuk.
Tiriskan telur & ayam, setelah dingin ayam disuwir2 ato diiris tipis, telur dibelah2, sisihkan.
Masukin irisan daun prei ke dalam rebusan kaldu, besarkan api ke medium.
Koreksi rasanya, tambahkan garam & gula lagi bila perlu. Didihkan bebrapa saat hingga daun prei matang (kalo merasa kuahnya kurang boleh ditambah air panas secukupnya). Matikan api.

Penyajian:
Susun dalam mangkuk secara berurutan: soun, ayam suwir dan irisan telur, siram dengan kuah panas, taburi 1 sdt koyah bawang putih, kripik kentang dan irisan daun seledri secukupnya.
Sajikan bersama sambal, kecap manis, irisan jeruk & krupuk udang.
*) Koyah Bawang Putih
Bahan:
10 siung bawang putih, iris tipis & jadikan bawang putih goreng
75 gr krupuk udang berkualitas bagus, goreng kayak biasa
Cara:
Tumbuk bawang putih goreng dan krupuk jadi satu sampe halus, aduk2 untuk meratakan. Siap dipake untuk taburan.

Note:
Pilih kunyit yang warnanya kuning tua agar warnanya cantik
Kalo suka bisa ditambahkan kubis yang diiris halus di mangkuk sebelum disiram kuah panas.
Selain krupuk udang, enak juga disajikan bareng emping goreng.
Untuk koyah, pilih krupuk udang berkualitas agar rasanya sedap dan tidak mekar jadi bubur saat bercampur kuah.
Kebiasaan keluarga gue, setelah ayam disuwir tulang2nya dimasukin kembali ke kuah untuk memperkaya kaldu.